Biografi Steven Chen



Nama lengkapnya Steven Shih Chen, lahir 18 Agustus 1978, adalah pengusaha keturunan Taiwan yang menjadi warga negara Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai pengusaha online asal Amerika, salah satu pendiri situs You Tube. Dia bersama kedua orang temannya menciptakan situs itu sekitar tahun 2005. Hari ini Chen adalah salah satu penemu MixBit dan AVOS System.
Steven Chen lahir di Taipei, Taiwan. Tumbuh di Taiwan, dia dan keluarganya berimigrasi ke Amerika ketika berusia 15 tahun. "Setiap orang berharap menjadi bintang," ucapnya. Selepas lulus dari University of Illinois, dia mengambil jurusan komputer science disana, dimana sekaligus bekerja part time. Dia bekerja di sebuah perusahaan kecil yaitu PayPal. Disana dia bertemu Chad Hurley, keduanya semakin akrab berbicara bisnis. Mereka berencana memiliki start-up sendiri.

Ketika eBay membeli PayPal untuk $1,54 miliar, keduanya mendapatkan cukup uang ekstra. Mereka setuju menggunakan uang tersebut untuk membangun start-up bersama. Dengan keahlian komputernya ditambah kreatifitas milik Hurley, keduanya akan membangun bisnis baru. Setelah pembelian oleh eBay, Chen berhenti dari PayPal disusul oleh Chad. Sebelum keduanya menemukan You Tube, ia kemudian bekerja di Facebook sementara waktu. Dia bekerja sebagai senior engineering di sana.

Pada Januari 2005, mereka bertemu dalam acara makan malam bersama seorang teman di apatemen Chen, San Fransisco. Mereka mengambil beberapa video dari pesta tersebut, dan berniat untuk membaginya. Berdasarkan cerita yang diulang- ulang di berbagai media. Mereka mengembangkan ide You Tube di awal bulan di 2000. Keduanya yang mengambil video di pesta makan malam, berniat untuk saling berbagai besoknya. Jawed Karim tidak ada pada malam pesta tersebut.

Tetapi mereka telah berteman ketika di PayPal. Keduanya merasa kesulitan berbagi karena ukuran file terlalu besar. Mereka tidak bisa mengirim video- videonya melalui email. Perbedaan cerita mengenai peran masing- masing bermunculan, atau sengaja dimunculkan untuk strategi marketing.

Bisnis online


Di 2005, Chad Hurley, Jawed Karim dan Chen menemukan You Tube, situs berbagi video online. Dia disini memegang peran sebagai Chief Technology Officer. You Tube menjalankan percobaan di Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran di November 2005. Situs ini tumbuh pesat, pada Juli 2006 situs ini mengklaim telah menghasilkan 65.000 video di upload. Berdasarkan penelitian perusahaan comScore situsnya berhasil mendominasi penyedia layanan video di Amerika.

Situs You Tube menghasilkan 100 juta penonton. You Tube pun mengklaim dalam 60 jam ada video terbaru di tiap menitnya. Lebih dari sepertiga pengunjung yang datang berasal dari luar Amerika. Situs ini memiliki 800 pengguna terdaftar tiap satu bulan. Pemilihan nama situs ini www.youtube.com mendapatkan reaksi dari situs bernama mirip www.utube.com. Pemilik situs ini yaitu Universal Tube & Rollform Equipment Corporation mengajukan tuntutan langsung.

Mereka dikunjungi oleh orang- orang yang mencari You Tube, hingga kelebihan beban dan mati. Tuntutan ini selesai ketika Utube mengganti namanya menjadi utubeonline.com. Akan tetapi situs lama milik mereka itu masih ada yaitu utube.com, dimana mereka menawarkan ruang beriklan jikalau orang salah mengetik masuk ke halaman mereka.  Chen resmi melepaskan tugasnya sebagai Chief Technology Officer di tahun 2009. Tetapi ia masih tertulis sebagai pegawai Google, dimana perusahaan tersebut membeli situs You Tube untuk $1,65 miliar di 2006. Dia tidak bersentusan langsung karya terbaiknya.

"Steve merubah fokusnya untuk membantu proyek teknisi Google. Dia masih berurusan dengan You Tube dan berinvestasi guna kesuksesannya," ucap juru bicara You Tube, Richardo Reyes.

Dia dan Hurley kemudian mengerjakan proyek terbaru di 2012. Mereka mengerjakan Avos System.Inc, dan disusul oleh pembelian Delicious dari Yahoo. Apa itu Delicious? Delicious adalah sosial bookmarking dimana orang bisa menyimpan situs favorit, menulis tag, dan membaca berita terbaru. Yang terbaru, melalui Avos, Chen mencoba membeli perusahaan sejenis berbahasa China, mei.fm. Yang paling menarik adalah proyek rahasia disebut Zeen dan MixBit.

Perusahaan Avos didukung oleh nama- nama besar seperti Google Venture, NEA, dan Madron Partners.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohpengusaha.blogspot.com

Post Comment